Memasuki Era Fast Hosting

Sebelumnya perkenankan aku ingin berqisah perihal pengalaman jadi blogger amatir. Awal maret 2018, Tumblr di blokir. Sebenarnya aku dengar wacana ini sudah lama dari tahun 2015 baru terrealisasikan tahun ini. Alhasil aku beralih di wordpress. Mungkin karena aku gagap teknologi dan dirasa sulit, belum apa- apa sudah di suspend oleh wordpress.

Meski banyak bisikan wordpress itu sulitlah, ribet, dan lola (loading lama). Kok aku ngeyel ya hahaha.

Berhubung aku suka gambar dan video mau ngembangin blog ini terbatas karena gak bisa upload video, tema blog juga terbatas dan sulitnya masuk search engine teratas. Ada rezeki pertengahan juli 2018 mencoba self hosting dengan membeli domain Dewaweb. Alasannya sih karena domain murah. Lagipula aku suka tagline dewaweb Secure, Fast & Reliable. Aman cepat dan reliable. Tentu keamanan yang terpenting. Kebetulan blogwalking yang aku suka kunjungi pakenya dewaweb. Makanya memilih dewaweb.

Kurangnya wawasan dalam domain asal aja aku beli domain pokoknya ingin imakyu aja alamat url terserah domain apa. Berhubung .com ada yang punya yaitu orang jepang nun jauh di sana, aku pilih .co.id. Eh gak tahunya butuh surat SIUP, karena itu domain korporasi. Oalah, aku baru tahu. Tapi kan aku sudah bayar takut hangus ya uangku. Untung dewaweb domain terbaik. Tidak apalah nanti bisa diganti jadilah imayuk.com. Duh telaten banget ngeladeni aku yang gaptek.

Tak berhenti di situ, kirain beli domain sudah beres ternyata belum. Ada namanya hosting. Jika domain ibarat tanah tapi belum bangun rumah. Nah untuk bangun rumah perlu IMB makanya perlu hosting. Syukurlah hostingnya murah bisa bulanan. Aku pilih yang paket cloud hosting scout storage 200 MB karena kan aku cuma buat nulis saja.

Mengingat aku ekspor data tumblr ke wordpress sudah penuh saja. Aku utak atik sana sini. Huft begini jadinya akibat salah informasi di internet. Akibatnya terkena server 404. Enggak tahu solusinya aku uninstall softaculous. Bye data blogger lama karena enggak backup data.

Ya sudah mulai dari awal lagi. Kok saat ngembangin blog banyak spam, lola, tidak ada justify makanya aku install banyak plugin dari jetpack, gutenberg, akimest, alexa, justify entah apa yang terjadi storage penuh. Dilemalah. Aku uninstall plugin ntar banyak spam, lola kalau dibiarin penuh otak atiklah cpanel ya kena server 404. Hadeuh…

Sudahlah uninstall lagi dan mulai dari awal. Kali ini cuma install jetpack agar terkoneksi dengan aplikasi mobile wordpress dan Justify biar rapi tulisannya. Biarin sajalah lola dan banyak spam.

Namun saat melihat video #fasterhosting kala itu mulai tercerahkan. Betapa pentingnya kecepatan blog dalam era ledakan berbagai lini platform. Apalagi sekarang sudah 4G didukung canggihnya perangkat mobile yang terus berkembang membuat blog juga wajib mengikuti arus edan-nya teknologi. Semuanya entah kenapa serba awalan e, ecommerce, emoney, egoverment dsb. Aku yang enggan mengikuti perkembangan teknologi suka gak suka wajib tahu.

Apalagi tahun 2010an hingga sekarang ecommerce merajarela. Kemarin heboh Matahari Mall tutup tapi tapi bikin ecommerce matahari di website sama sajalah. Daan kemarin 12.12 hari belanja online. Belum lagi blog atau website menjadi brand personal. Bahkan suatu company bisa dikatakan official apabila memiliki website.

Untuk bisa menjadi page rank teratas di halaman pertama google. Tentu faktor pendukung kecepatan blog atau website. Pasti kalian menemukan blog atau website lolaa banget. Pasti akan ditinggalkan oleh user. Karenanya pentingnya fast hosting. Jadi bagi kamu nih yang ingin bisnis online atau sekadar blogging, bisa mengenal wawasan perihal fast hosting

Untuk mengetahui seberapa cepat website kamu bisa mengujinya dia GTmetrix lalu ketik url website/ blog kamu lalu analize deh. Tunggu sebentar dan lihat hasilnya. Wah punyaku parah bangeet lolanya.

Kalian pilih hosting terbaik, aku pakai dewaweb karena sebagai salah satu hosting Indonesia terbaik. Kenapa kudu pilih Dewaweb untuk fast hosting? Karena jika kalian untuk website yang cepat perlu upgrade dengan kapasitas storage dan platform yang stabil nah kalian enggak perlu kuatir akan itu. Dewaweb juga memilii cloud server management, provision, health monitoring dan auto healing. Lalu bagaimana dengan bandwithnya? Speed uplink 500 MBPS DI ETH 0. Dewaweb sudah Platinum Partner Litespeed setelah aku mengunjungi website litespeed.

Litespeed itu semacam plugin wordpress yang gunanya menambah kecepatan website.Kalau ingin install plugin litespeed ya kamu buka wp admin kamu klik toolbars di samping kanan menu plugin dan search litespeed cache. Install dan aktifin.

Sayangnya ketika mencoba aktifin plugin selalu server sibuk. Seharian aku mencoba ternyata plugin belum bisa di wordpress aku. Sudah mencoba seharian dari kemarin tapi belum bisa.

Entahlah. Jika bisa aktifin plugin litespeed ini mungkin aku akan edit postingan ini. Jika berdasarkan video Ivan Kristianto Senior Web Engineer at 10up dalam server spesifikasi kudu php 7.1 nah aku sudah mencoba tapi kenapa gak bisa ya. Nih aku tunjukin gimana caranya bisa php 7.1. Kamu buka akun cpanel cari multiphp manager dan klik itu.

Ubah menjadi PHP 7.1 dan save

Selanjutnya kamu kembali ke tampilan awal cpanel cari lagi select PHP version.

Trus cheklist redis dan ok.

Http/2. Menurut Edy Budiman CEO Dewaweb, pentingnya http/2 ibarat kamu belanja banyak keperluan tapi tiap beli item kudu bayar satu- satu tidak sekaligus. Setelah aku cek blog aku. Belum http/2. OMG tidaak wah aku sudah ketinggalan. Kenapa ini sangat penting karena google tidak mau nampilin website kita jika bukan https karena bikin lambat saja. Istilahnya protokol google sudah https tapi kamu belum https jadi sulit terdeteksi gitu ama google.

Pantas saja lolaa. Bahkan menurut GTmetrix punyaku rendah yaa. Apalagi waktu loading sudah 10 second wah pasti ditinggalkan tuh.

Nih tolak ukur kecepatan website aja sudah dikategorikan tidak layak. Kamu pasti gak mau kan bernasib sama denganku

Caranya bisa https yaitu kamu login akun cpanel kamu lalu ke lets encript SSL. Selanjutnya ada +isu di bawah. Nah kamu klik itu.

Trus akan ada kotak dialog seperti ini, cheklist apa yang termasuk untuk domain, ya sudah tinggal klik ok aja gak usah otak atik lagi.

Apabila berhasil domain kamu akan berada di atas seperti ini

Kemudian buka wp admin kamu klik setting general ubah url http jadi https dan save

Kamu bisa mengujinya di keycdn tuk mengetahui apakah sudah http/2

Sayangnya karena gak bisa aktifin plugin litespeed cache ngaruh untuk kecepatan website dikit tapi gak bantu banyak. Ya elah cuma kurang 1 second doang. Tapi seenggaknya protokol aku sudah https.

SSD Super cepat. Dewaweb ngembangin storage agar mendukung kapasitas kecepatan suatu website. Sudah dibuktikan sih kan aku paket scout 200 mb naik jadi 500 mb.

Apabila kamu merasa kesulitan bisa chat langsung ke dewaweb karena menyediakan dukungan ninja 24/7. Ingat ya chat di website. Balesnya cepet asal kamu paham saja istilahnya haha.

Sebenarnya ada sih bisa naikin kecepatan website dengan share hosting menurut Ivan Kristianto. Namun rasa trauma otak atik cpanel hingga gagal kedua kali. Enggak dulu deh. Apalagi di akhir video #fasterhosting kudu backup data dulu.

Jangan lupakan untuk selalu compress video dan foto karena bisa memakan banyak storage di blog kita. Itu tergantung kapasitasnya sih. Nah berhubung di aku cuma 500 mb, jadi semaksimal mungkin aku compress. Ada banyak aplikasi atau situs untuk compress foto

Sebetulnya ada banyak hal untuk mempercepat website.

Seperti kamu lihat aku cuma melakukan 3 hal itu. Ya itu tadi terkendal gak bisa aktifin plugin. Jika aku bisa aktifin plugin litespeed, aku akan perbarui. Setelah aku baca detail rincian plugin litespeed ternyata belum kompatibel dengan pembaruan wordpress.

Kan wordpress saat ini ter-upgrade 5.0.1 gitu. Mungkin itu kali ya aku belum bisa aktifin plugin litespeed. Itulah sepenggal sharing menurut aku perihal pentingnya memasuki era fast hosting.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *